Apa itu IMEI atau apa yang dimaksud IMEI (International Mobile Equipment Identity)pada Ponsel atau smartphone? IMEI atau Nomor IMEI pada ponsel atau smartphone yakni sebuah isyarat unik yang tertanam pada setiap ponsel atau smartphone yang berlaku secara internasional. IMEI juga sanggup diartikan sebagai nomor identitas khusus yang dikeluarkan oleh asosiasi GSM untuk setiap slot kartu/simcard dikeluarkan oleh produsen Ponsel.


 IMEI atau Nomor IMEI pada ponsel atau smartphone yakni sebuah isyarat unik yang tertanam pa Cara Cek IMEI Ponsel memakai situs imei kemenperin.go.id dan isyarat dial cek IMEI


IMEI pada ponsel sanggup berfungsi sebagai:
  • Mengentahui Identitas Ponsel tersebut
  • Untuk cek atau mengetahui Garansi Ponsel
  • IMEI juga sanggup dipakai untuk melacak keberadaan ponsel
Nah dengan adanya IMEI pada setiap ponsel,maka bagi kau yang ingin mengetahui Ponsel tersebut dari Negara mana,ponsel tersebut dari pabrikan mana dan IMEI juga sanggup dipakai untuk cek nomor model pada masing masing smartphone. Lalu, bagaimana cara mengetahui IMEI pada ponsel, nah bagi kau yang belum tahu cara cek imei ponsel mimin akan beritahukan cara mengetahui imel ponsel. 

Kamu sanggup cek imei ponsel dengan memakai beberapa cara yaitu cara cek imei ponsel memakai dial dan cara cek imei memakai situs.


Cara Cek IMEI Ponsel memakai dial kode

  • Silahkan kau tekan isyarat cek imei ponsel memakai isyarat berikut ini
  • Tekan isyarat cek imei ponsel *06# Kemudian OK/Yes
  • Silahkan tunggu

  • Maka kau akan melihat informasi IMEI pada ponsel yang kam gunakan

Cara Cek IMEI Ponsel melalui settingan Ponsel

  • Buka ponsel atau smartphone kamu
  • Lalu masuk ke settingan/pengaturan
  • Lalu pilih " About Phone "
  • Lalu pilih " Status "
  • Lalu pilih IMEI Information (Maka akan terlihat IMEI ponsel yang kau pakai)
  • Cara lain untuk cek imei juga sanggup kau lihat pada belakang ponsel erat baterai 

Berapa jumlah IMEI pada ponsel. IMEI terdiri dari 15 angka ( Lima belas angka ) unik yang sanggup dipergunakan untuk mengetahui banyak sekali macam bit informasi atau sanggup dipakai untuk mengidentifikasikan perangkat telekomunikasi.

Nah sehabis kau mengetahui cara cek IMEI,sekarang kau harus melaksanakan cek keaslian IMEI ponsel tersebut. Apakah IMEI ponsel sudah terdaftar secara resmi atau belum. Untuk mengetahui Ponsel resmi dengan cara cek imei kau sanggup membuka situs imei.kemneperin.go.id. sehabis itu masukan nomor IMEI ponsel kau yang berjumlah 15 digit tadi ke situs imei.kemenperin.go.id pada kolom yang disediakan.

Apabila ponsel tersebut yakni ponsel resmi, maka kau akan  melihat dua informasi menyerupai berikut ini


IMEI sudah terdaftar di database

Itu  artinya ponsel yang kau gunakan yakni ponsel resmi, namun jikalau kau melihat informasi menyerupai berikut

IMEI tidak terdaftar pada database kemenperin
Artinya ponsel dengan nomor imei yang kau cek tidak resmi

Ketika kau membeli ponsel black market,maka iponsel yang kau pakai tersebut tidak akan sanggup dipakai untuk internetan, ponsel tidak sanggup dipakai untuk nelpon,ponsel tidak sanggup dipakai smsan. kenapa demikian, alasannya yakni ponsel yang kau beli yakni ponsel black market yang tidak resmi. Oleh alasannya yakni itu sinyal pada ponsel tersebut akan secara otomatis akan hilang. Jika demikian, ponsel tersebut hanya sanggup kau gunakan untuk acara offline saja.

Lalu, bagaimana cara membeli ponsel resmi yang sudah terdaftar. Pada ketika kau ingin membeli ponsel, kau sanggup lihat IMEI pada box / kotak ponsel yang akan kau beli. sehabis kau mengetahui IMEI ponsel tersebut lansung saja cek melalui situs imei.kemenperin.go.id untuk memastikan IMEI ponsel tersebut apakah sudah terdaftar atau belum.

Nah itulah yang sanggup admin sajikan dalam artikel singkat ini mengenai cara cek IMEI ponsel sudah terdaftar atau belum melalui situs imei.kemenperin.go.id. Admin mohon maaf jikalau ada salah kata dalam penulisana artikel diatas yang merupakan ketidaksengajaan admin dalam menulis.